Bel「Online gambling Malaysia」ajar dari India, Kenali 6 Indikasi Cuaca Ekstrem di Indonesia

  • 时间:
  • 浏览:0

KOMPAS.com - 147 oOnline gambling Malaysiarang dOnline gambling MalaysiaI India tewaOnline gambling Malaysias akibat disambar petir. Peristiwa ini bisa menjadi pembelajaran untuk kita agar lebiOnline gambling Malaysiah waspada terhadap cuaca ekstrem yang bisa terjadi di Indonesia dan menghindari dampak buruknya.

Baca juga: Serangan Petir di India Tewaskan 147 Orang, Begini Analisa BMKG

Berikut 6 indikasi penting cuaca ekstrem yang harus diketahui:

Dia mengingatkan, dampak buruk dari sistem awan Cb ini juga dapat terjadi di Indonesia.

Oleh sebab itu, Miming menyebutkan ada beberapa indikasi umum yang dapat Anda gunakan untuk mengenali terjadinya potensi cuaca ekstrem, seperti hujan lebat disertai angin kecang, kilat atau petir, puting beliung, hujan es, dan sebagainya.

Kondisi udara panas cenderung terik ini sebenarnya diakibatkan oleh adanya radiasi Matahari yang cukup kuat, yang ditunjukkan oleh nilai perbedaan suhu udara antara pukul 10.00 dan 07.00 LT (lebih dari 4.0 derajat celcius).

1. Udara panas sejak pagi hari

"Secara umum di wilayah Indonesia, hujan lebat yang disertai dengan angin kencang dan kilat atau petir dapat terjadi dari sistem awan Cb," kata Miming kepada Kompas.com, Selasa (7/7/2020).

Miming menuturkan, indikasi pertama yang biasanya terjadi adalah udara sejak pagi hari sudah terasa panas, cukup terik, dan gerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin mengatakan, kejadian di India disebabkan oleh kondisi sistem awan Cumulonimbus (Cb).

Bahkan, seringkali disertai dengan kelembapan yang cukup tinggi dan ditunjukkan oleh nilai kelembapan udara di lapisan 700 mb atau lebih dari 60 persen.